Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD Materi KPK dan FPB

Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD Materi KPK dan FPB. Matematika tidak lepas dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita menghadapi masalah yang berkaitan dengan matematika. Ibu belanja di pasar, pedagang melakukan kegiatan jual beli, pegawai bank melayani nasabah, dan sebagainya.
Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD Materi KPK dan FPB
Sebelum memulai mengerjakan soal cerita alangkah baiknya lakukan hal-hal di bawah inisebagai berikut:
  • Soal dibaca dengan baik, untuk menemukan kata kunci dalam soal itu.  
  • Berdasarkan kata-kata kunci tersebut, lalu tentukan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, dan pengerjaan apa yang harus dilakukan. 
  • Setiap soal dapat diselesaikan dengan berbagai cara

Selesaikan soal-soal cerita di bawah ini dengan baik!

  1. Aku adalah sebuah bilangan. Jika aku ditambah dengan 13 dan hasilnya dikalikan dengan 25, maka menjadi 625. Bilangan manakah aku?
  2. Jumlah murid SD di Kabupaten A adalah 89.415 orang. Jumlah murid SD di Kabupaten B adalah 13.084 orang lebih banyak daripada murid SD di Kabupaten A. Berapa jumlah murid SD di Kabupaten B?
  3. Jumlah penduduk kampung A adalah 7.426 jiwa. Penduduk kampung B, 2.412 jiwa kurangnya daripada penduduk kampung A. Berapa jiwa jumlah penduduk kampung A dan B masing-masing?
  4. Dalam sebuah gudang terdapat 6.788 karung beras. Beras tersebut akan dipindahkan ke gudang lain dengan menggunakan 63 truk. Setiap truk mengangkut 4 kali. Setiap truk sekali mengangkut 27 karung. Dapatkah semua beras terangkut?
  5. Seorang pedagang duku membeli 5 peti duku. Masing-masing berat peti 20 kg, dengan harga Rp65.000,00 per peti. Setelah dibuka, ternyata10 kg duku rusak dan busuk. Sisanya dijual dengan harga Rp4.500,00 per kg. Berapa rupiah keuntungan pedagang duku itu?
  6. Pak Made ingin membangun rumah dan telah membeli bata sebanyak 2.025. Bata itu ingin ditumpuk dan jumlah bata setiap tumpukan sama. Dapatkah kamu membantu Pak Made? Berapa tumpukan bata yang setiap tumpukan jumlah batanya sama?
  7. Tiga buah lampu masing-masing berwarna merah, kuning, dan hijau mula-mula menyala serentak bersama. Kemudian lampu merah menyala setiap 3 detik, lampu kuning menyala setiap 4 detik, dan lampu hijau setiap 5 detik. Tiap berapa menit ketiga lampu akan menyala serentak bersama?
  8. Sebuah sekolah menerima kiriman paket buku untuk perpustakaan. Kiriman itu berupa 3 buah kotak besar, masing-masing berisi 72 buku, 108 buku, dan 120 buku. Ketiga kotak itu dibuka dan bukubuku akan ditumpuk di meja besar untuk dicatat. Ada berapa tumpuk buku di atas meja jika banyak buku setiap tumpuknya sama?
  9. Di dalam sebuah pelataran parkir, terdapat sejumlah mobil dan sepeda motor sebanyak 59 buah. Jumlah roda kedua jenis kendaraan itu ada 166 buah. Hitunglah banyaknya mobil dan sepeda motor masing-masing!
  10. Harga 3 jeruk dan 5 salak Rp5.650,00. Jika yang dibeli 5 jeruk dan 4 salak harganya Rp6.600,00 Berapa rupiah harga masing-masing jeruk dan salak perbuahnya?
  11. Raka mempunyai dua buah lampu mainan. Lampu pertama menyala setiap 4 detik. Lampu kedua menyala setiap 6 detik. Setiap berapa detikkah kedua lampu tersebut menyala bersama-sama?
  12. Tina mempunyai 45 kartu nama berwarna hijau. Ratna mempunyai 30 kartu nama berwarna kuning. Kartu nama mereka akan disatukan dan ditempatkan pada beberapa amplop. Setiap amplop akan diisi kartu nama dengan perbandingan warna yang sama. Berapakah jumlah terbanyak amplop yang dibutuhkan?
  13. Lampu hijau menyala tiap 3 menit. Lampu kuning menyala tiap 5 menit. Kedua lampu tersebut menyala bersamaan pada pukul 09.30. Pukul berapa kedua lampu tersebut menyala bersama lagi?

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD Materi KPK dan FPB"