Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ulangan Umum B. Indo Kelas 5 SD Semester 2 (Genap)

Soal Ulangan Umum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 (Genap). Salam Pendidikan. Berbgai bersama apa yang didapatkan semoga memberi sedikit manfaat yang dapat dimabil. Pada kesempatan kali ini penulis berbagi soal ulangan umum mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 5 SD.
Soal Ulangan Umum B. Indo Kelas 5 SD Semester 2 (Genap)

Wacana untuk soal 1 – 10

Kancil kembali lolos dari terkaman harimau. Kali ini Kancil benar-benar berhasil menyingkirkan si Raja Hutan itu untuk selama-lamanya. Kepopuleran Kancil akan kelicikannya memang patut diacungi jempol. Kini rakyat hutan pun tunduk kepada dirinya. Semua takut dengan Kancil yang berhasil mengalahkan Raja Hutan. Rakyat hutan tidak mengetahui dibalik kemenangan yang penuh akan kelicikan itu. Kalau saja Raja Hutan itu tidak terperdaya dengan perkataan Kancil yang penuh dengan kebohongan. Kancil mengatakan kepada Harimau bahwa Kuda Nil menantangnya berkelahi ketika Harimau akan menerkam Kancil. Namun yang sesungguhnya tidak ada berita yang demikian. Perkelahian antara Kuda Nil dan Harimau pun dimenangkan oleh Kuda Nil. Harimau terluka parah dan mengasingkan diri ke suatu tempat.

Semenjak Kancil memimpin, kekacauan terjadi dimana-mana. Hutan bagai neraka bagi Orangutan dan penduduk hutan lainnya. Karena sudah tidak tahan akhirnya Orangutan pun akhirnya memutuskan untuk menghadap Kancil. Selama ini tidak ada yang berani menghadap Kancil jika tidak ingin dicambuk. Dan benar saja, ketika si Orangutan menyampaikan keluhannya, bukannya ditanggapi malah ia mendapat cambukan. Akhirnya para penduduk hutan pun bersekutu untuk menjatuhkan Kancil. Ketakutan membayang-bayangi rencana mereka. Namun keinginan untuk hidup damai mengalahkan rasa takut mereka.

Suatu hari, Rusa ke sungai untuk mengambil minum. Ia terlihat murung, sehingga Kuda Nil pun menanyai apa yang terjadi dengan dirinya. Rusa itu menceritakan semua kekacauan yang terjadi di hutan. Lantas, Kuda Nil itu pun amat kaget, dan Kuda Nil itu menceritakan yang sebenarnya terjadi mengenai Harimau. Sementara itu, Kupu-kupu berhasil mendapat informasi penting mengenai kemenangan peperangan antara Kancil dan Harimau. Seluruh penduduk hutan terkejut, namun mereka tidak langsung menyerang Kancil. Gagak diberi tugas untuk mencari keberadaan Harimau dan memintanya untuk kembali. Gagak berhasil menemukan Harimau, ia menuturkan bahwa Harimau amat murka dan berjanji akan kembali ke dalam hutan dalam waktu tiga hari.

Harimau akhirnya datang, ia disambut diam-diam oleh Orangutan dan menemui para penduduk hutan di dalam Goa. Mereka menjelaskan apa yang terjadi di dalam hutan di bawah pimpinan Kancil. Akhirnya mereka menyusun stategi. Orangutan datang lagi dihadapan Kancil. Ketika Kancil akan menghukumnya, Harimau pun datang. Tubuh Kancil gemetaran, matanya terbelalak tak percaya akan yang dilihatnya. Kancil yang ketakutan itu menyuruh para penduduk hutan untuk melawan Harimau. Namun sayang sekali, penduduk hutan itu semua mendukung Harimau. Kancil pun makin ketakutan. Ia meminta ampunan dari Harimau dan meminta maaf kepada penduduk hutan. Meski penduduk hutan itu ingin sekali menghabisi Kancil, namun Harimau menghalaunya. Harimau menghukum Kancil dengan menjadikannya pelayan penduduk hutan. Dan akhirnya hutan kembali seperti semula, penuh dengan kedamaian dan keseimbangan.

A. Jawablah sesuai dengan bacaan di atas!

  1. Apakah judul cerpen di atas?
  2. Siapakah Raja Hutan dalam cerita di atas?
  3. Bagaimanakah watak Kancil dalam cerpen di atas?
  4. Bagaimana Kancil dapat lolos dari terkaman Harimau?
  5. Bagaimana hutan di bawah pimpinan Kancil?
  6. Berikut adalah peristiwa yang terjadi ketika Harimau kembali ke hutan, kecuali....
  7. Terbongkarnya kebohongan kancil terungkap pada paragraf ke.....
  8. Kata “menghabisi” pada paragraf keempat, memiliki sinonim dengan kata....
  9. Cerita pendek di atas termasuk....
  10. Pesan moral dari cerita di atas adalah...

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!

  1. Karya sastra yang memiliki dialog antara tokoh di dalamnya, disebut...
  2. Dialog yang dilakukan oleh satu orang disebut...
  3. Unsur-unsur instrinsik drama adalah...
  4. Salah satu unsur-unsur puisi adalah.....
  5. Tokoh adalah .................

Posting Komentar untuk "Soal Ulangan Umum B. Indo Kelas 5 SD Semester 2 (Genap)"