Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal UAS SBK Kelas 6 SD Semester 1

Soal UAS SBK Kelas 6 SD Semester 1.
Soal UAS SBK Kelas 6 SD Semester 1

A. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!

  1. Pengelompokan motif batik di bawah ini yang didasarkan pada akar budaya yaitu . . . .
  2. Dua kota di bawah ini yang merupakan pusat pembuatan batik klasik yaitu . . . .
  3. Alat membatik yang berupa teko kecil dari tembaga ringan dan memiliki corong di ujungnya disebut . . . .
  4. Di antara nama motif batik di bawah ini yang termasuk motif khas Jambi yaitu motif . . . .
  5. Motif batik khas Banjarmasin yang pada masa lampau hanya diperuntukkan bagi kaum bangsawan yaitu motif . . . .
  6. Proses penghilangan lilin dalam mem batik disebut . . . .
  7. Proses penghilangan lilin dalam membatik dapat dilakukan dengan cara . . . .
  8. Gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa disebut . . . .
  9. Jenis musik yang lahir dan berkembang dari budaya daerah setempat disebut music . . . .
  10. Musik Gambang Kromong merupakan percampuran budaya pribumi dan bu daya . . . .
  11. Tangga nada yang terdiri atas tujuh nada yaitu tangga nada . . . .
  12. Di bawah ini termasuk alat musik har monis, yaitu . . . .
  13. Irama disebut juga dengan . . .
  14. Lagu ”Maju Tak Gentar” termasuk jenis lagu . . . .
  15. Teknik membawakan lagu ”Maju Tak Gentar” menggunakan gaya . . . .
  16. Garis-garis di lantai yang dilalui oleh seorang penari pada saat melakukan ge rak tari disebut . . . .
  17. Secara umum ada dua macam pola garis dasar, yaitu . . . .
  18. Pengetahuan tentang penyusunan tari atau hasil susunan tari disebut . . . .
  19. Gambar di bawah ini yang menunjukkan karya tari dengan bentuk pola lantai adalah . . . .
  20. Tarian yang hidup dan berkembang di kalangan masyarakat jelata disebut tari . . . .
  21. Pola lantai rakit lajur pada tari Bedhaya mempunyai makna . . . .
  22. Pola lantai berbentuk lingkaran pada tari Ajar mempunyai makna . . . .
  23. Pekerjaan mengatur bilah atau lem baranlembaran secara tindih-menindih dan silang-menyilang disebut . . . .
  24. Bahan alam yang baik untuk membuat tikar yaitu . . . .
  25. Daun yang baik dan aman untuk mem buat anyaman ketupat yaitu daun . . . .
  26. Benda anyaman yang dibu at dari daun kelapa dan berfungsi seba gai tempat ayam yaitu . . . .
  27. Di antara bahan alam di bawah ini yang paling kuat dan cocok untuk membuat anyaman tempat pakaian yaitu . . . .
  28. Semua jenis benda yang dikenakan di tubuh atau dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti makan, minum, dan beribadah disebut benda . . . .
  29. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan dinding anyaman ker tas yaitu . . . .
  30. Bahan-bahan di bawah ini yang ter masuk bahan buatan yaitu . . . .

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan benar!

  1. Di daerah mana saja dapat ditemui batik bermotif bebas?
  2. Apa fungsi gambar ilustrasi?
  3. Bagaimana langkah-langkah membuat boneka dari kain perca? Uraikan secara singkat!
  4. Alat musik apa saja yang digunakan dalam musik Gambang Kromong!
  5. Hal-hal apa yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pengamatan musik?
  6. Apa yang dimaksud intro, interlude, dan coda? Jelaskan!
  7. Bagaimana supaya pola lantai dalam karya tari terlihat indah?
  8. Apa persiapan yang dilakukan untuk memperagakan karya tari dengan pola lantai?
  9. Apa saja benda pakai yang terbuat dari bahan anyaman?
  10. Bagaimana sebuah karya kerajinan anyaman dikatakan bermutu baik?

C. Praktik

  1. Buatlah gambar ilustrasi yang menceritakan kegiatanmu selama di rumah. Kerjakan dengan teknik basah, teknik kering, atau gabungan keduanya. Kumpulkan gambar ilustrasimu kepada bapak atau
  2. ibu guru agar dinilai.
  3. Siapkan bahan-bahan diantaranya tali raffia, daun kelapa, kulit batang pisang
  4. Gunakan bahan-bahan tersebut untuk berkreasi benda anyaman. Kamu dapat berkreasi membuat ikat pinggang, tikar mini, alas gelas, selongsong ketupat, gelas dan sebagainya. Nilaikan hasil karyamu kepada bapak atau ibu guru.
  5. Buatlah irama sendiri. Mainkan menggunakan alat musik ritmis yang ada di lingkunganmu. Kemudian, pentaskan di depan kelas.
  6. Bentuklah kelompok yang terdiri atas tujuh anak. Buatlah gerak tari sederhana lengkap dengan bentuk pola lantai yang diperagakan secara kelompok. Pilihlah iringan tari sederhana untuk mengiringi gerakan kalian. Tunjukkan di depan kelompok lain.

Posting Komentar untuk "Soal UAS SBK Kelas 6 SD Semester 1"